Minggu, 27 November 2011

ECHA (DAY 2 part 1)

November, 19th 2011

Ah suara cowo-cowo Elang diluar brisik banget, bikin kebangun deh. Tanya Hasna sekarang jam berapa ternyata masih jam 4,, yaudah bergegas sholat deh. Di luar cowo-cowo Elang plus korkel gila pada lagi makan mie se-PANCI wkwkwk. Asoy banget coy, aku ditawarin tapi ga deh, masa bangun2 langsung makan? Eh katanya  cowo2 yang tidur di "teras" pada ga bisa tidur saking dinginnya akhirnya malah bikin api unggun di deket tenda, ngobrol-ngobrol, dan becandaan. Aaah jadi merasa bersalah huhu, tapi apadayaku?? Oiya kayaknya kelompok kita deh yang bangun pertama  abis sepi banget pada masih di dunia mimpi nih kayaknya.

Aku sama Hasna pipis dulu tapi  ga ada air huhu.. akhirnya kita ke tenda lagi ambil botol aqua yang ada airnya. Rempong banget kan? Aku sama Hasna selalu berdua, Pipis berdua, Sholat berdua, bahkan mandi bersama haha, eh kita normal ya  ga lesbiola, cuma takut aja kalo sendirian. Oiya nyebelin banget kamar mandi yang di atas tuh kotor , pesing , airnya dikit atao malah kadang ga ada (jangan sampai boker di sini), sama yang lebih parah ada 3 ekor lintah nya. harus extra hati-hati dah. Kalau mau ke kamar mandi yang bawah capek banget lah yaw kira2 hampir 1 kilo.

Abis shalat kita siap-siap mandi di kamar mandi bawah (nyak, kamu mandi????). Hehe, masa mau ngajar ga mandi seeh?? muridnya ntar pingsan lagi hehe. Oiya cowo-cowo malah pada tidur, biarin aja kasian. Kelompok lain udah banyak yang bangun. Jalan ke kamar mandi di bawah Lumayan jauh . Belom lagi antrinya pas disono... buset dah , ada yang kramas coba? super sekali, emang kagak dingin??. Sambil nunggu aku iseng mbantuin yang punya rumah ngupas bawang (kebetulan si empunya rumah yang masakin makanan buat kita selama 3 hari), si Hasna juga ikutan. 

Aku mandi bareng Hasna Loh, eh udah cerita yah?pas kita berdua masuk kamar mandi yang pada antri menatap kita dengan tatapan aneh. Kayaknya cuma kita berdua yang mandinya berdua, yang lain pada sendiri-sendiri tuh haha, bodo amat. Kita mandinya rebyek banget karena ga saling berhadapan yaiyalah.. malu tauu..

Selesai mandi balik ke tenda. Yaelah jalan lagi,, wanginya ilang kan jadinya hoho. Hari ini seluruh peserta dan panitia pake batik. Keren abis deh pokoknya. Pengabdian Pengajaran berangkat paling pagi, secara anak SD dan SMP kan masuk jam 7 pagi. Sebelum berangkat brifing dulu sama ambil peralatan ngajar ex: buku gambar, buku tulis, tabel perkalian pembagian, gambar hewan dan buah yang pake basa inggris, sama bingkisan (jajan). Itu semua udah disiapin panitia.

Yang  ngajar di SD dan SMP Canggal berangkat n pulang naik colt sedangkan yang ngajar di SD Tegalrejo berangkatnya JALAN KAKI, tapi pulangnya dijemput naik colt. Ini baru namanya pengabdian, mau ngajar jalan kaki yang jaraknya adalah... 2km. lalalala. Oiya yang ngajar kelas 4 di SD Tegalrejo satu  selain aku ada: nobi, belgis, ega, pandu (paling cantik). haha. Eh ibu lucu deh sms gini:

"mbak, lagi ngapain?"
"ini mau berangkat ke SD"
"okedeh sukses ya bu"


Sampe di sana, anak-anak kelas 4 berceceran (bahasa yang aneh) keluar menyambut kita wkwkwk. kayaknya seru-seru nih anaknya. Kita langsung memperkenalkan diri., mereka juga kita minta perkenalan satu satu pake bahasa Inggris. Pertama kita ngajar matematika tentang waktu (konversi jam, menit, detik) sekalian kita kasih tau bahasa inggrisnya jam, menit, detik itu apa

"ada yang tau bahasa inggrisnya jam?"
"clock"
hening
"iya itu bener, tapi itu jam dinding, yang bener hour"
"hour"
"bacanya auer yah"
"auer"

kita kasih soal ntar yang bisa maju dan kita kasih permen, seru deh haha. Abis itu belajar berhitung pake bahasa Inggris dari angka 30-60. Pinter-pinter loh mereka, cepet nyantol. Abis itu si Pandu ngasih soal tentang FPB dan KPK, tapi dia ga bisa ngerjain , lupa katanya idih dasar ga bertanggung jawab. Akhirnya aku yang ngajarin . Berguna juga di rumah ngajarin peliharaan adek yang notabene kelas 6 SD, inget dikit lah haha.

Aku ajarin blablabla pake pohon faktor segala, tapi kayaknya mereka gamudeng dan mereka juga ga bilang gamudengnya dimana, usut punya usut katanya guru mereka galak, kalo nanya dimarahin, jadi mereka ga berani nanya. Yaelah padahal aku udah bilang "mbak ga gigit kok dek" tetep aja. Akhirnya ganti topik, kali ini nyanyi bahasa inggris Twinkle-twinkle little star. Liriknya aku tulisin di papan tulis, abis itu nyanyi bareng. haha seru deh. Dilanjutin tebak-tebakan bahasa Inggrisnya buah oleh buguru cantik bu Novita.

Abis itu istirahat. Mereka bawa bekal loh hehe, jadi inget jaman SMA yang karena pulangnya jam setengah 3 pada bawa bekal trus pas istirahat kedua makan bareng ahh kangenn. Kita dikasih teh sama roti loh sama pihak sekolah, lumayan hehe. Eh iya kan katanya kita ngajar sampe jam sepuluh doang, tiba-tiba mas Fian bilang kalo ngajarnya sampe jam set 12. Mampus, materinya uadah kita kasih semua, lah ntar kita ngajarin apa lagi? maen kartu remi? pokeran? ga mungkin lah.

Oiya tadi kelupaan, sebelum istirahat, anak-anak yang kebagian ngajar di SD canggal dateng, ternyata sekolahnya libur. haaha, akhirnya mereka (rani n Winda) nebeng ke sini dah. Oiya lucu nih kan waktu makan bekal aku ngobrol sama adek2nya

"dek itu kok ada sikat gigi, emang disuruh sikat gigi bareng yah?"
"iya mbak"
"lah terus sikat giginya tiap apa?"
"engg, tiap hari rabu"
"tiap rabu aja?, terus hari lain nggak?"
"hehe, iya"

Dan pemirsa apa yang terjadi, si anak tadi abis makan tiba-tiba ambil sikat gigi dan langsung sikat gigi di kamar mandi, diikuti oleh temen2 yang lain. buahaha,, padahal kan aku ga nyuruh sikat gigi. Salut dah pokoknya.

Abis sikat gigi, saatnya belajar lagi. Kali ini kami memneri kesempatan sama Winda buat ngajar. Dia ngajar bahasa Inggris hewan-hewan. Si Rani gamau ngajar katanya *gimana sih* haha. Abis itu kita bingung mau ngajar apalagi. Aku nanya aja

"kita mau belajar apa nih?"
"ipa mbak, bahasa jawa mbak"
"yaudah voting yah"
"yang ipa siapa?"
11an lah kira2
"yang bahasa jawa?"
hampir semua
*mati*

set dah, kesalahan yah sepertinya. Apa boleh buat, mereka pengennya bahasa jawa. Aku deh yang (lagi-lagi) ngajar. Aku ajarin nulis aksara jawa, per baris, trus dikasih soal., yang bisa maju. Gini  misalnya hanacaraka, trus aku suruh nulis kana, abis itu hanacarakanya dihapus dikasih soal lagi raca, gituuu. Antusiasmenya yah,, gila-gilaan banget. Semangat banget dah mereka, sampe2 rebutan dan kita kesulitan nunjuk yang maju. Bahkan nih yah kalo kita abis nunjuk satu orang, yang lainnya pada bilang "yaaaahhhh". Tadi waktu mat aja ga semangat, bahasa inggris lumayanlah, bahasa jawa? klimaks. Sesi terakhir aku suruh nulis yang agak panjang nih yaituuu "MAHABARATA" . Yang berani maju cuma satu haha, tapi gapapa. Dapet permen, horee.

abis itu sesi i want to be. Di sini kita ngajak mereka buat nyeritain hobi sama cita2 mereka. aku tulisin formatnya di papan tulis.

"my name is..., my hobby is..., I want to be..."

Ga semuanya sih yang maju abis pada malu-malu.

"my name is (aku lupa namanya)"
" my hobby is.., mbak bahasa inggrisnya makan apa *sambil mbisikin*"
"eat, bacanya it"
"my hobby is eat (baca:it)"
"I want to be a doctor"
"Amiiiiiiiiiiiiiiinnn"

Abis itu kita nyari perwakilan cowok cewek buat nyeritain kesan mbak-mbak dan mas ngajar di sini. yang cowo sih biasa aja

"Gimana dek kesan-kesannya?"
"engg...."
"mbak sama masnya baik ga?"
"baik"
"ngajarnya jelas ga?"
"jelas"
"enak ga?"
"enak"

kalo yang cewek, namanya Deli, pinter banget nih anak, daritadi aja maju teyuzz. kira2 dia ngomong gini :
"terimakasih ya kakak, sudah mau ngajarin kita. Kita seneng banget diajar sama kakak yang baik-baik" ahhhh,, bikin terharuu,, rani aja sampe nangis. huhu. abis itu acaranya penyerahan tabel hitungan sama bahasa Inggris Hewan dan Buah secara simbolis ke ketua kelas. Abis itu poto-poto deh.

istirahat yah



tampang innocent

rame-rame
pada serius

Ibu guru Nobi, Nia, Belgiss


Sebelum pulang brifing (atau laporan) per kelas n sambutan dari kepala sekolah. Terus pulangnya dijemput colt. Ahh seru banget rame-rame naik colt. Jangan ngiri yah haha.

to be continued

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com