Sabtu, 05 November 2016

Trip To Banyuwangi [part 2]

Assalamualaikum

Maaf ya bersambungnya lama banget hehe.

Oke kita lanjutin cerita waktu di banyuwangi ya. Jadi setelah dari kawah ijen, kami bingung tuh mau kemana hehe. Akhirnya kami numpang bersih2 badan di rumah makan yang ada kamar mandinya ya tentunya sambil makan juga masa udah numpang mandi g beli makan haha. Abis itu njagong dan bobo bentar. Kira-kira jam 11.00 siang kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Taman Nasional Baluran, rencananya kami mau ngecamp di sana. Ternyata dari kawah ijen ke Baluran lumayan jauh (sekitar 2 jam naik motor) dan FYI kalau TNB (taman nasionan Baluran) udah g di kabupaten Banyuwangi tapi udah masuk Kabupaten Situbondo tapi emang di perbatasan gitu sih. Jangan lupa bawa masker sarung tangan dan kaos kaki yaa biar g gosong abis di banyuwangi puanas banget rek!

Sesampainya di sana sekitar jam setengah 3 dan bad news nya adalah kami tidak bisa nge camp karena besok ada menteri lingkungan hidup yang mau kunjungan. huaaaa apakabar kami nanti malam, mau nginep dimanaaa. Yaudahlah yang penting jalan-jalan dulu. Oiya tiket masuknya Rp 25.000/orang ya. Kali ini gantian aku yang mboncengin pitrong. Kami kira jalan masuk dari pos jaga sampai ke savana nya deket dan jalannya mulus eh ternyata kebalikannya. Skill naik motorku kan kalah jauh tu sama pitrong jadinya ya pelan-pelan banget naik motornya karena takut selip ntar jatoh lagi kita.  Si Hanip sampai kesel soalnyaaku pelan banget ehehehe. Dari pos jaga ke savananya kira-kira 1 jam tapi bisa lebih cepet kalo berani ngebut. Di sepanjang jalan ke savana kalau beuntung kita bisa lihat ayam hutan, burung-burung dan binatang khas TNB. Kalau di savananya ada benteng dan rusa. Keren banget seperti di Afrika, ga salah kalau TNB disebut Africa van Java.

jalan masuk ke savanna:

sampai di savanna bekol:

Sebenernya disini juga ada pantai (Pantai Bama), tapi karena kami terlalu sore disininya jadi ga sempat ke pantainya. Sepulang dari TNB, kami bingung mau nginep dimana, kondisi udah pada lelah karena dari pagi dini hari belum istirahat. Nah pas pulang kami ngelewatin pantai Watu Dodol, melipirlah kami ke pantai tersebut. pantainya lumayan sepi dan akhirnya kami memutuskan untuk ngecamp di pinggir pantai heuheu.. Karena lapar, kami masak dulu bahan makanan yang dini hari sebelum nanjak ijen kami beli. Oiya hari itu bertepatan dengan ulang tahun Pitri tapi kami berlagak lupa ulang tahunnya dia haha. Selamat milad mbel semoga makin shining bright like a diamond ehehe.

Paginya,, karena hari minggu jadi pantai lumayan rame dengan orang -orang yang pada liburan. Di saat kami masak makanan, tidak jauh dari camp kami ada orang gila yang beneran gila banget. Jadi dia itu nyiksa seekor kucing yang seliweran didepan dia. Kucingnya dicekek, diangkat dengan cara narik lehernya, ekornya ditarik-tarik, dan yang paling parah adalah kucingnya di lempar ke laut!! Astaghfirullah... Mau nolongin si kucing tapi takut sama orang gila, mana si Hanip lagi ke kamar mandi lagi zzz. Akhirnya ada orang yang berani negur dan ngusir si orang gila itu. Alhamdulillaaah. Setelah masakan matang kami bangunin putri Pitri si birthday girl sekalian ngasih late suprise ala-ala haha.. Dia sok-sokan ngambek karena kita telat ngasih ucapan, lebih baik telat daripada nggak sama sekali to?

Waktu ngerubuhin tenda kami didatangi oleh (semacam) petugas gitu yang ternyata adalah polisi pariwisata wkwk. Ternyata ga boleh ngecamp di watu dodol karena petugas kalau malem ga ada jadi g safe. Tapi bapaknya cuma memperingatkan aja kok, ga yang marah-marah gitu, malahan kita jadi ngobrol-ngobrol asik, beliau jadi ngerangkap duta wisata abis  nyaranin kita ke tempat-tempat wisata yang ada di banyuwangi. Keren banget jadi pemerintah Banyuwangi itu selalu berpesan kalau polisi pariwisata tugasnya ga hanya menjaga keamanan daerah pariwisata yang ada di banyuwangi tapi harus bisa jadi duta wisata banyuwangi juga.

Setelah dari pantai watudodol destinasi selanjutnya adalah ke tempat Pakdhe yang lokasinya deket sama Pantai pulau Merah, tapi karena baterai HP pada habis jadi kami melipir dulu ke pom bensin dan ngecharge HP di toko dan mushola pom bensin..sekalian istirahat gitu. Baterai udah terisi, kami lanjut perjalanan yang memakan waktu 1.5 jam. Masha Allah panas sekali ya di Banyuwangi heuheu ga jauh beda sama Semarang. Nah udah sampai daerah sekitar tempat pakdhe kita sempet kesasar akhirnya dijemput deh wkwk.

Pakdhe ini anaknya udah pada nikah semua jadi di rumah cuma berdua sama Budhe. Tapi kalau ari Minggu kaya sekarang anak-anaknya sering ke rumah Pakdhe. Di sana kami numpang mandi, sholat nge charge HP dan makan tentunya hihi. Kebetulan lagi panen buah naga jadi kami disuguhi buah naga,, alhamdulillah.. Setelah ashar kami main lagi ke pantai pulau merah yang sungguh indah. Kita masuknya gratis lhooo.. abis gatau pos masuknya dimana wkwk..Kebetulan abis ada lomba balap motor pantai jadi mungkin hari itu gratis wkwk. Btw pantai pulau merah ini dinamakan seperti itu karena ada pulau ditengah laut yang warnanya merah, begitu ceritanyaaa.

Kami pulang waktu maghrib dan cari mesjid di jalan buat sholat maghrib sekaligus isya. Naaah setelah seolat kami pengen banget nyobain makanan khas Banyuwangi yaitu Soto Rujak. Nah lhoo gimana tu rasanya soto plus rujak dimakannya pakai lontong?. Makanya kami penasaran dan nyari warung yang nyediain makanan itu susaaaaah banget... akhirnya setelah perjuangan yang panjang (dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur)dapat juga warung yang menyediakan makanan soto rujak, itupun warungnya kecil, dipinggir jalan dan bangkunya bangku panjang. Ini makanan murce banget cuma 10rb hehe. Rasanya? emm agak unik sih tapi enak (efek kelaperan juga mungkin). Jadi rujak soto itu soto daging biasa trus kemudian ditambah rujak sambal ulek yang terdiri dari sayuran dan buah bengkoah dan timun dan dimakan pakai lontong. Penampakannya kira-kira gini:

Setelah makan kami kembali lagi ke stasiun buat balikin motor. kereta kami jam 6 pagi trus kami bingung malam ini mau nginep dimana sedangkan uang udah menipis, ga sanggup bayar penginapan lagi (kesian banget), satu-satunya plan kita adalah ngecamp, tapi dimana?