Jumat, 18 April 2014

Riset Asik

Hallo Bloggernista,

Hihi lagi pengen nulis terus, (bukannya nulis bakal skripsi malah nulis blog terus ehehe)

Yah ga kerasa ya udah semester 6, udah semester 3 :") . Ingin kembali mengingat dan mereview jaman-jaman awal kuliah. Semseter 1, yah Alhamdulilah lancar, tugas ga terlalu banyak mata kuliah juga bisa ngejalanin (except Pengantar Teori Ekonomi :P). Semseter 2, dibuat shock sama tugas statek yang mengharuskan riset. Waduh kan aku ga pernah riset tentang ekonomi yang harus terjun langsung ke masyarakat sebelumnya, soalnya dulu aku IPA jadi ya paling mainan sama mikroskop, cairan-cairan kimia, ama batere di lab. Tapinya aku ngerasa bakalan seru ya riset yang langsung bertemu kehidupan nyata, ya bukannya makhluk hidup yang aku amati di bawah mikroskop, cairan yang aku hitung Ph nya, dan bikin rangkaian listrik ga nyata tapi ada bedanya lah ya. Di semester 3 sampai sekarang semester 6 masih  aja ada mata kuliah yang mengharuskan riset ke lapangan (ga sekedar pakai data sekunder), seiring waktu berjalan ya biasa aja sih dan aku pun menikmati itu karena emang dasarnya aku suka hal baru dan suka jalan-jalan kemanapun. Aku mau sedikit share tentang riset-risetku (dan tentunya teman satu tim) selama ini :)

1. Mata Kuliah Statistika Ekonomi (Semester 2)
Bu dosen tercinta memberikan tugas membuat buklet tentang komoditas unggulan Kabupaten,Nah kami memilih kabupaten Pati, karena kenapa? ada teman kami yang berdomisili di Pati yaitu Bhekti Dian Adelia, jadi bisa nginep di rumahnya. Di sana kami mengunjungi sentra batik bakaran dan  pusat kerajinan kuningan. Tidak lupa pulangnya belanja kacang di dua kelinci store. Sayangnya cuma separuh tim ajah yang bisa ke pati. Berangkatnya kita naik bis patas malem langsung ke rumah dian. Ibunya dian masakin soto kemiri buat kita eh malah aku kira opor, dalem hati aku heran dan nanya kenapa dian dan yang lain makan opor pakai jeruk, yang ada aku diketawain coba haha. Besok paginya baru lah kita muter-muter pati sama keponakannya dian haha. Sorenya kami mainan sepeda keliling disekitar rumah dian. Aku mboncengin mba iis jatuh coba waktu dijalan turunan soalnya licin karena pasir, tapi kami malah ketawa ketiwi tuh pas jatoh hehe maaf ya mba iis :p . Kenangan lagi waktu riset statek , agar nilai kita bagus  , beda dari yang lain, dan out of the box kita pakai 3 alat analisis. Location Quotient, Shift Share, sama ICOR. Padahal kita gamudeng alatnya jadinya terpaksa belajar deh. Nah yang Shift Share aku sendiri yang ngerjain karena yang lain udah angkat tangan ga mudeng. Alhamdulilah setelah berjuang berdarah-darah akhirnya bisa juga. Yang ngecewain adalah nilai statek aku B padahal aku team leader dan aku yang mewakili presentasi buklet kita. Ah tapi yasudahlah.














2. Mata Kuliah Statistika Ekonomi Lanjutan (Semester 3)
Mata kuliah ini kami diberi tugas riset tentang umkm. Nah awalnya kelompokku mau riset lumpia di jalan mataram, itu udah ngurus surat suratnya sampai gedung pandanaran eh waktu klinikal, menurut bu dosen populasinya kurang banyak akhirnya kita ganti deh jadi laundry kiloan di sekitar undip tembalang. Yang paling diinget adalah sewaktu kami mengerjakan bagian pembahasan, Anya kan kebagian membahas regresi tapi setelah diliatin hasilnya ke aku kok banyak yang ga signifikan dan aneh banget angkanya. Sebenernya ga enak juga sih menghapus jerih payah orang lain tapi gimana ya kalau misal hasilnya aneh kan mending gausah aja ya, dan ternyata alhamdulilah justru tidak adanya regresi membuat kelompok kami menjadi yang terbaik :) . 





3. Mata Kuliah Ekonomi Koperasi (Semester 3)
Ah males mbahas kisah atau kenangan riset ini (ceilaah) abis aku salah strategi sih mimpin kelompok koperasi. Duh maaf ya teman-teman :( . Tapi nilai Ekonomi Koperasi alhamdulilah yah :)

4. Ekonomi Pertanian (Semester 4)
hihi ini riset yang penuh biaya yang besaar , dan ngerepotin orang banget. Jadi kita riset perkebunan kopi di PTPN IX di Salatiga. Jadi prosedurnya harus ke kesbangpolimnas (aku sama riska) > kantor administrasi di PTPN IX di mugas (aku sama riska) > ke kantor pusat PTPN IX untuk menyerahkan surat ijin penelitian dan pembayaran penelitian (50ribu/orang) di Salatiga. Nah di bagian ini lah letak ngerepotin orangnya. Karena kelompok kami cewe semua dan ga ada yang berani naik motor sampai salatiga jadinya aku minta tolong Bebo dan Hanip buat nganterin aku dan Amel. Minta tolong Bebo sih Alhamdulilah mudah padahal beda jurusan, tapi Hanifnya itu loo agak susah tapi siapa lagi dong yang harus aku mintain tolong. Anak edents juga ga ada yang bisa. Iyasih aku tau Hanif ga sekelompok sama kami. Akhirnya dengan rayuan maut Hanif mau juga (meskipun kayaknya terpaksa). Makasih banget ya Bebo dan Hanif. Nah karena aku dan amel gatau tempatnya jadi ya kita berbekal nanya orang dan sekali lagi makasih banget buat bebo yang gamau dibeliin bensin dan dengan tanggapnya nanya ke orang-orang (aku terharu lo beb :')) . Alhamdulilah sampai di kantor pusat. Kita ngobrol dan disuguhi teh anget. Abis itu pulangnya mampir cymory tapi cuman numpang solat dan foto wkwk. Nah jam 5 baru makan di ayam gepuk tirto agung.






> Perkebunan Kopi PTPN IX di salatiga, berbekal surat ijin penelitian kami ke perkebunan Kopi PTPN IX di salatiga. Kami menyewa mobil 250 + supir. Awalnya kami kira di Agrowisata Kopi Banaran tapi ternyata bukan. Oleh Petugas di Banaran kami diberi arahan menuju perkebunan yang sesungguhnya. Sampai di sana ternyata petugasnya sedang rapat jadi kami menunggu agak lama, yaudah sambil nunggu ririn. Ririn ga ikut kami naik mobil dia dianterin pacarnya.Setelah selesai rapat dan ririn datang kami ngobrol sebentar lalu diajak keliling kebun sambil diberi penjelasan. Kira-kira 2 jam kami di perkebunan, dan bingung mau kemana akhirnya kami memutuskan ke rumah ina di salatiga, sebelumnya makan sate tongseng dan gulai dulu khas salatiga.





5. Ekonomi Sumber Daya Manusia (Semester 4)
Kami kedapatan meriset pendapatan tenaga kerja lulusan SMP sektor informal. Nah sampel kami adalah mas-mas potokopi, pengusaha laundry, burjo,dan pedagang kaki lima, dan warteg. Pernah waktu mau wawancara warteg di sekitar polines masa ibunya nyebelin banget, ya emang kalo gamau diwawancarai mending bilang ga bisa gitu eh ini kita malah dikacangi, malah ditinggal Petanan (nyari kutu atau uban di kepala) ma anaknya atau pegawainya gitu. Terus ada lagi mas-mas laundry di daerah tirto agung yang maunya diwawancarai besok. Eh kita kesana besoknya dia alesan ini itu. pfft. Ada juga yang pengusaha laundy di daerah banjarsari selatan yang kita ga nyangka, kalo diliat dari penampilannya yang gondrong, tatoan, kurus, dan kaya gamandi eh ternyata dia punya anak asuh/angkat, dua lagi :") Padahal belum menikah sih. Hal yang paling diinget dari riset ini adalah waktu wawancara kan aku sama Heni, pas hujan-hujan gerimis kita jalan berdua sambil bawa kuesioner dan bolpen. So sweet banget ya kita :). Oiya ada satu lagi waktu ngerjain tugas ESDM ini di kos heni, kami diberi sate sama si empunya kos hehe baik banget kan atau kasian sama kita yang mukanya melas-melas yaa haha.


6. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Semester 5)
Dapat topik Ketahanan dan Keamanan Pangan. Sebenernya pengen dapat yang Go Green tapi gapapa lah udah yang terbaik itu pasti. Awalnya mau keamanan pangan industri tahu Bandungan tapi disaranin sama bu dosen jajan anak SD aja. Yasudah kita manut. Kami meneliti beberapa SD di Mranggen (dekat rumah Puguh). Total Kita 3x kesana dan tiga-tiganya aku ikut semua haha. Asyik lo malah sekalian nostalgia jama SD. Waktu yang pertama kesana sebelum pulang diajak mampir ke rumah Puguh. Oiya lupa cerita dari kampus ke lokasi penelitian kami naik mobilnya Puguh ehehe , makasih Puguh . Selain mewawancarai pedagangnya kami juga mewawancarai pihak sekolah dan orang tua murid (karena pakai ABGC analysis). Alhamdulilah, kelompok kami jadi yang dinilai terbaik cuma kekurangannya adalah tampilan presentasinya yang terlalu biasa. 




7. Agribisnis (semester 6)
Kami meneliti sentra pengasapan ikan di Bandarjo-Semarang Utara. Dan Kami berhasil memperoleh 12 responden hari itu. Alhamdulilah respondennya ramah tapi yang bikin sedih pengolahnnya ga higienis blas. Waktu wawancara-pun penuh perjuangan karena mata pedih kena asap dan badan jadi bau ikan+asap. Ini penelitiannya belum selesai dan on progress. Doakan ya agar penelitian ini berguna dan kami dapat hasil yang baik :)


Dan doakan riset terakhirku alias skripsi lancar dan bisa lulus sesuai target. Aaaamiiiiin :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com