Sabtu, 19 April 2014

One Day One Juz

Pagi Bloggernista, selamat weekend, selamat belajar buat yang UTS :)

Aku mau nanya nih kapan terkahir kalian buka facebook? Kapan terkahir buka Path, Intagram, Whatsapp, Line, BBM, Twitter, Foursquare, Blog, Ask, Tumblr, dan sederet aplikasi social Media lainnya? 3 menit? 2 menit? atau bahakan baru aja? Nah sekarang aku mau nanya lagi kapan terkahir kalian baca Al-Quran? Iya Al-Quran. 1 hari yang lalu kah, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan 1 tahun yang lalu? . Hayo hayooo. Semoga jawaban kalian 1 hari yang lalu deh ya jangan sampai yang satu tahun. jikalau memang terkahir baca Alquran 1 tahun yang lalu aku ikut sedih deh yaa. Miris banget deh ya jaman sekarang, anak muda islam lebih memilih Social media ketimbang Al-Quran. Padahal Al-quran sudah jelas akan membuat bahagia hidup kita di dunia dan akhirat Inshaa Allah. 

Aku juga dulu males baca Al-Quran, paling rajinnya pas Ramadhan doang soalnya aku bikin target khatam 1 bulan, kalau hari biasa jangan ditanya deh haha. Nah hidupku berubah sejak mba Syifa (mentor Liqo) ngasih tau ada program yang namanya ODOJ. Appan tuh? itu adalah singkatan dari One Day One Juz. Dalam Program itu kamu diwajibkan mengaji satu hari 1 Juz. Iya aku tau awalnya beraaaaaaaat banget kayaknya. Aku sempat ragu sih awalnya, tapi akhirnya nekat juga daftar di websitenya ODOJ. Besoknya dapat sms dari seseorang yang bernama mba Puji, "Assalamualaikum, ini dengan kurnia? apakah benar ingin bergabung dengan ODOJ?, kalau iya saya invite ke grup whatsapp" dan akupun mengiyakan. Ga lama kemudian aku udah bergabung  di grup yang bernama ODOJ 1140 dengan 29 orang. Terus aku dikenalin mba Puji dengan penghuni lain ODOJ 1140. Dan begitulah sehari-hari kami berkomunikasi melalui whatsapp. Mulai dari laporan siap/lelang, laporan ambil lelang, dan laporan kholas/selesai. Tidak hanya komunikasi mengenai laporan saja tapi juga kami sharing kisah inspiratif,jualan baju muslim dan pernak-pernik, dan hal lainnya yang Inshaa Allah bermanfaat.

Oiya, aku mulai bergabung di ODOJ tengah bulan Januari dan alhamdulilah sampai sekarang. Manfaatnya luar biasa. Dan dalam hati timbul penyesalan kenapa ga dari dulu kaya gini sih huhu. Aku merasa dilancarkan dalam urusanku misalnya waktu pemilihan dosen pembimbing alhamdulilah dapat yang sesuai sama yang aku inginkan, kemudian pengajuan judul skripsi juga dosbing alhamdulilah memberi lampu hijau, sewaktu survey data di disnakertrans jawa tengah juga Alhamdulilah datanya tersedia :D Alhamdulilah Ya Allah. Ga hanya itu sih, urusan yang lain juga seperti dimudahkan, oiya kan kemarin-kemarin tuh aku lagi galau-galaunya karena sesuatu yang damn shit banget (astaghfirullahaladzim, istighfar nyak) sekarang sih udah ga ada lagi galau-galau kaya gitu, hati rasanya enteng, lapang, ikhlas ga kaya dulu yang ga karuan.

Coba deh kalian coba ikutan ODOJ, tapi jangan coba-coba. Kalu udah kedaftar harus komitmen. Belum bisa ngaji yang cepet? Bisa itu karena biasa gais. Kalau kamu merasa masih kesulitan dalam hal mengaji terus kamu ga pernah belajar dan mengaji ya selamanya kamu bakal kesulitan. Aku juga dulu waktu awal kalo ngaji langsungan satu juz bisa 1 jam lebih, sekarang udah berasung-angsur agak cepet jadi 45 menit-1 jam :) . Saran dari aku misal keberatan kalo ngaji langsung satu juz bisa kok dicicil bada shalat Fardhu. 1 juz = 10 lembar, shalat fardhu = 5 . Jadi tiap bada shalat Fardhu bisa dicicil 2 lembar. Bila masih berat juga bisa dicicil pas nunggu dosen, pas istirahat, pas ga ada kerjaan jadi harus bawa mushaf kemana mana, kalau gamau bisa install aplikasi Al-quran di hape. Enak kan? Jadi Hape jangan diinstal socmed doang biar lebih keren instal juga dong Al-qurannya, naaah biar lebih-lebih keren lagi dibaca Alqurannya, biar super keren dipahami dan diamalkan :) 

Bagi kamu yang berdomisili di Semarang setelah daftar ODOJ nanti bisa bergabung dengan ODOJ koordinator area Semarang. Kami Inshaa Allah rutin mengadakan silaturahmi tiap hari Minggu di Baiturahman, silaturahminya ga cuma buat odojer bahkan yang belum gabung ODOJ juga sangat boleh kok dateng di acara kita. Oiya tangga 21 maret yang lalau kami mengadakan Silaturahmi Akbar ODOJ di aula Baiturahman semarang dengan tema "Menghidupkan AlQuran, dan Meng AlQurankan Hidup" dihadiri oleh perwakilan ODOJ PUsat, Rumah Al-Quran, dan perwakilan Masjid Baiturrahman, serta menampilkan Awan Voice.  ada Bazar busana muslim juga oleh Rabbani. 

Pokoknya lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya. Bahkan menurutku mudharatnya ga ada sih hehe. Yuk anak muda sampai yang sudah berumur ramai ramai ikutan ODOJ. Bukan buat siapa-siapa tapi buat diri kita sendiri kan nantinya? Nunggu apalagi? Sibuk? Ga ada waktu? Artis aja yang syuting stripping ikutan ODOJ masa kamu engga? :)



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com