Jumat, 07 Maret 2014

Cerita KKL-ku Bagian 2

Day 3 (22 Januari 2014)

Selamat pagi Kota Batu! Perpaduan antara udara yang dingin (padahal ga nyalain AC) dan kasur  yang nyaman membuat kami berempat bangun telat (lagi) jam setengah 6 baru bangun hehe. Setelah  solat subuh kami antri mandi (yaiyalah masa bareng?). Kamar mandinya lumayan banget meskipun ga ada bathup-nya (kalo adapun ya ga sempet make juga) tapi okelah karena tersedia shower air panas-dingin, shampoo dan sabun bagi yang ga bawa (tinggal mencet) sama ada hair dryer-nya. Asiik kaaan? (maklum ndeso hihi).


breakfast
sebelum berangkat (didepan hotel)

Udah cantik maka kita siap untuk sarapan dan berangkat ke Bappeda Malang. Jam 9.20 Alhamdulilah kita sampai di Bappeda Malang.Bus kita diparkir di seberang tugu malang karena ga bisa parkir di halaman Bappeda Malang. Karena ruangan yang seharusnya buat nerima kita dipakai maka kita diterima di ruangan yang lebih sempit hiks. Bahkan ada beberapa anak yang terpaksa duduk membelakangi layar proyektor ditambah lagi ACnya ga kerasa jadi ya bikin ga kondusif sewaktu pihak Bappedanya memberi materi. Dan nampaknya bapak yang memberi materinya paham sama kita yang udah mulai ga fokus akhirnya mempercepat pemberian materinya. Iyalah aku ma riska aja malah gambar-gambar di atas kotak snack wkwk.
Setelah kunjungan ke Bappeda kita foto-foto di tugu kota Malang yah mirip-mirip tugu muda-nya kota Semarang. Oiya Kantor Bappeda kan deket sama kantor walikota, kebetulan disana ada yang lagi demo tapi cuma dikit banget haha, jahat banget yak kita malah ngetawain padahal sesama mahasiswa.
 Bappeda Malang
demo tapi orangnya dikit
Foto Bersama

Puas foto-foto kita balik ke bis dan melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Agrowisata CV Arjuna Flora di Batu. Sampai di Arjuna Flora jam 12 , kita langsung makan di rumah makan milik arjuna flora dan disuguhi minuman yang ternyata apel celup bukan the celup rasa apel lo ya. Jadi ini apel yang dikeringin dan dikemas ke dalam kantong seperti the celup. Produk ini memang menjadi salah satu unggulan dari arjuna Flora loh. Rasanya unik dan kalo berkunjung ke kota batu jangan lupa beli apel celup hehe.


makan siang
kunjungan ke arjuna flora 1
penyampaian materi di ruangan

Udah kenyang kita solat dhuhur di masjid dekat Arjuna Flora. Seusai solat kita balik ke Arjuna Flora. Pertama-tama kita dijelaska tentang tumbuhan unggulan Arjuna Flora yaitu sandersonia (sejenis bunga) dan beniimo (ubi ungu) , komoditas ini diekspor ke Jepang loh. Kata ibu-nya (lupa namanya, maaf) orang jepang itu paling suka makan ubi ungu bahkan ubi ungu merupakan makanan mewah bagi mereka melebihi pizza, burger dan makanan eropa lainnya. Lha kok kita malah bangga makan-makanan eropa. Selanjutnya kita dibajak ke ruangan yang digankan untuk memproduksi buah apel. Apel diolah menjadi berbagai produk antara lain sari apel, jenang apel, kripik apel, dan yang paling terbaru adalah apel celup. Usaha pengolahan ini berawal dari kekhawatiran ibu (lupa namanya, maaf) akan kehigienisan produk olahan apel yang ada di pasaran. Beliau meragukan apakah produk olahan apel yang ada di pasaran menggunakan apel yang berkualitas, pemanis yang membahayakan tubuh, dan pengawet yang melebihi batas normal penggunaan. Nah kemudian beliau  membuat usaha sendiri yang kualitasnya terjamin. Setelah mendengarkan pengarahan ibu xxx kita diajak ke sebuah ruangan seperti ruangan pertemuan untuk mendengarkan pak nnn mengenai kewirausahaan dan profil Arjuna Flora.
Sebelum diberikan penjelasan pak nn mencontohkan salam semangat ala Arjuna Flora. Arjuna Flora ini memiliki cluster-cluster yang banyak. Bukan hanya tanaman hias dan tanaman unggulan yang diekspor saja tetapi juga aada cabai, apel, dan banyak lagi. Sistem yang dipakai adalah kerja sama dengan gapoktan atau gabungan kelompok tani. Singkat cerita bapak nnn berkata bahwa petani itu tidak selamanya terbelakang dan dipandang sebelah mata, apabila dikelola dengan baik dan mengikuti teknologi maka petani juga bisa sukses. Yaey Semangat Petani Indonesia!
Jam setengah 3 kunjungan kami di Arjuna Flora usai, oiya diberi snack risoles jamur dan risoles apel Alhamdulilaah. Beberapa teman iesp ada yang membeli oleh-oleh di gerai Arjuna Flora tapi aku enggak karena abis ini kita menuju toko oleh-oleh khas malang yeyeye lala.
Sampai di pusat oleh-oleh khas malang “deduwa”. Langsung pada ngacir sendiri-sendiri milih barang yang mau dibeli. Aku cuma beli stik ubi ungu, bakpia ubi ungu, dan jajanan ubi ungu dan ubi kuning yang bentuknya kaya kipas. Kenapa ungu semua? Yah you know me so well lah :p . Temenku pada mborong oleh oleh haha. Kenapa aku ga beli banyak? Soalnya awal maret aku ke malang lagi hehe. Nah disini ada jasa pengepakan oleh-oleh ke kardus, biayanya nambah Rp 5000, kardusnya bisa dinamain juga jadi ndak tertukar deh nantinya. Karena belanjaannku sedikit jadi ya ndak perlu ditaruh kardus hihi.
Satu setengah jam berbelanja oleh-oleh, selanjutnya kita kembali ke bis dan melanjutkan perjalanan menuju hotel. Eh ternyata pusat oleh-oleh sama hotel kami dekeeet banget Cuma 5 menit haha. Sebenernya mau jalan-jalan ke mall deket hotel dank e alun-alun kota batu sesampainya di hotel, eh tapi hujaaaan. Yah jadinya di kamar aja nonton TV, beritanya banjir di pantura. Kasian banget si Dian yang orang Pati  rumahnya kebanjiran. Pukpuk ya di.
Sebelum maghrib kami semua sudah mandi karena nanti jam 7 ada acara makrab di aula hotel jadi harus siap-siap (dandan). Suasana waktu siap-siap kea car makrab super duper rempong haha. Aku udah nyiapin baju ma jilbab buat makrab eh kata dian sama susan (ni bocah rempong banget tiba-tiba dateng ke kamar kami dan ngerecokin haha) jilbab yang aku bawa ga sesuai ma bajuku akhirnya susan minjemin aku jilbab, ah makasi susan :* . oiya makasih juga buat dian yang udah make up in aku dan riska spesialis mascara (sebenernya gamau dandan sih tapi dibujuk dan dirayu dian). Jam setengah 8 selesai lah persiapan kita lalu kita naik ke aula tempat acara makrab sekaligus makan malam. Fajar dan Karina didaulat menjadi host di acara makrab ini.


eh aku dandan lo


hiburan musik 


talkshow with ratna


anin luar biasa suaranya


makan malaam


pemenang nominasi "terdiam" (alfian)

Inti dari acara makrab yaitu hiburan music dari anak-anak iesp yang berbakat main music atau nyanyi, baca puisi oleh Yonatan, talk show about exchange ratna dimoderatori afif, pemutaran film yang dibuat panitia yang artisnya semua anak-anak iesp sendiri (kocak bgt loh si susan) daaan pembacaan nominasi dari beberapa kategori. Eh iya aku masuk nominasi ternarsis coba -,- harusnya aku masuk terfotogenic dong wkwk. Beberapa nomminasi tersebut antara lain tersporty (Bella), tergaul (cantika), ternarsis (fajar), teraniaya (hami), terdiam (alfian), tergosip (faiq) ; si faiq ga terima dapet anugerah pemenang kategori ini, terfotogenic (yunita), tertidur (iqbal), terempong (susan) >>cocok bgt. Nah di tengah-tengah acara entah dapet info darimana, nilai regional keluar! Duuh jadi ga bisa nikmati susasana deh. Temen-temen se meja ku langsung pada liat simaweb aku mah ogah.
Sebenernya acaranya belum selesai sih tapi beberapa anak udah mulai meninggalkan aula. Karena sebagian besar temen semejaku udah meninggalkan aula (tinggal ina amel nia) maka kami akkhirnya juga ikut meninggalkan aula sebenernya gaenak juga sih, kaya kurang menghargai ya. Pokoknya buat panitia maafkan kami yaa :” .Usai makrab kami ngumpul di kamar riska yang super duper rapi ga seperti kamar kami yang berantakan wkwk, ngobrol bentar trus balik ke kamar kami lagi. Uul sama bu Alfa jalan-jalan entah kemana, kalu diliat mereka mirip seperti kakak adek hihi.
Ada cerita lucu dari kamar kami (seenggaknya lucu menurutku), jadi kan aku amel sama dian mau solat isya berjamaah trus mukenaku modelnya yang ga ada kerudungnya . Nah pas solat aku lupa pake kerudung tapi dian sama amel juga ga sadar, aku baru sadar waktu hampir takbir perdana “loh aku belum pakai kerudung ternyata” alhasil ketawa semua deh hampir aja batal karena ketawa ngekek. ( maaf ya kalo ga lucu :/ ). Sekian cerita hari ini.

-to be continue-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com