Sabtu, 19 Januari 2013

JABAT-WATAK (Jawa Batak)


Tugas statel (Statistika Ekonomi Lanjutan) kali ini aku kelompokan sama Claudia, Heni,Karina,Susan,Anya,Dian,Intan,Yonathan,sama Gio. Well karena kok banyak anak medan yaitu Karina,Gio,Claudia,dan Yonathan dan sisanya orang Jawa jadilah kita menamai kelompok kita Jabat-Watak (Jawa-Batak) Haha, absurd abis ya? Disini aku (terpaksa) jadi Team Leader alasannya enggak banget karena aku Pecinta Alam (hubungannya apa coba?)

Tugas dari dosen kita tercinta Prof Indah untuk tugas statel adalah bikin jurnal penelitian mengenai UKM dengan sampel minimal 15 dan waktunya cuma 1 bulan ckck. Kelompok kita sering galau karena kita ganti-ganti UKM. Awalnya kita mau neliti UKM ukiran di Jepara eh setelah dipikir-pikir gamungkin banget kita ke Jepara sedangkan kita sibuk (apalagi aku,mau diksar dan suksesi) dan menjelang UAS. 

Akhirnya kita gajadi neliti UKM ukiran Jepara. Objek kita selanjutnya adalah lumpia semarang, alasannya kan ada pusat lumpia di mataram dan pandaran jadi kalu nyebar kuesioner ga mencar-mencar irit bensin gitu heehe. Jadilah kita menyusun kuesioner  capcus nyebar kuesioner. Ga hanya itu kita juga ke BPS di jalan Pahlawan dan  Dinas Koperasi dan UMKM di jalan pemuda siapa tau ada data mengenai PKL lumpia. Eh udah birokrasinya maha ribet (yang di dinas UMKM) datanya ga ada pula :/ .Pas klinikal juga kata Prof Indah kuesioner kita ga layak dan kita disuruh ganti UKM karena populasi PKL lumpia terlalu kecil, beliau menyarankan kita ganti UKM yang gampang aja misal laundry.Oiya sama kita disuruh nemuin Pak Djoko Sudantoko (rektor STIE BPD) biar dibibing bikin kuesioner dan metode AHP.

Setelah itu kita berunding lagi dan fix akhirnya kita laundry aja, kan di Tembalang banyak beud tuh. Selanjutnya kita bikin janji ma pak Joko , yang ketemu aku sama heni bareng kelompoknya Rani. Well kita sama-sama merasa ga dapat pencerahan huhu. Yaudin kita minta sop kopi disertasinya pak joko aja buat nyontek kuesionernya kaya apa. Selanjutnya kita nyusun kuesioner kita buat pengusaha laundry Berdasarkan acuan kuesioner dari pak Joko dengan beberapa perubahan. Setelah jadi kita langsung nyebar kuesioner sesuai jatah kita masing-masing. Waktu itu aku nyebar kues sama Heni pas hujan-hujan unyu bgt kita sepayung berdua haha, kita ngasih souvenir rapika buat laundry yang mau ngisi kuesioner kita.

Disini masalah mulai muncul, Prof Ind menyarankan sampel laundry 40 lebih bagus, lah ini si claudia sama gio malah cuma dapat 1 kuesioner. padahal yang lainnya udah dapet 6 laundry. Ya kita sempat curiga apa beneran cuma 1 tok yang mau ngisi kuesioner atau mereka males-malesan? si claudia ma gio ini juga paling ga rajin rapat gitu deh, katanya banyak kegiatan. Kan kita jadi sebel , si Karina si ibuk-ibuk supercerewet akhirnya maksa mereka cari sampel lagi hehe.

Masalah lain muncul ketika ternyata kuesionernya ada beberapa pertanyaan yang ga diisi dan ga sesuai satuannya misalnya kita udah nentuin pelicin berapa liter eh diisinya sachet,ada yang jerigen. Detergen, Pelembut juga sama kasusnya, ya akhirnya kita menyamakan jadi liter dengan asumsi-asumsi haha. Ada juga yang pengusaha laundry yang songong gila, di pertanyaan jumlah mesin cuci diisi gini : 3 (masih baru) wkwk apa kita ga ngekek?? haha

Selanjutnya sih ya kita ngolah-ngolah data yang udah terkumpul, bagi jobdesk ada yang bikin pendahuluan isi, kesimpulan,saran. Pas Klinikla kedua eh kita malah di tanyain tau draf jurnal kek gimana ga sih? Ya emang itu blm kita layout kaya jurnal namanya aja draf kelompok lain juga gitu kok, Sebenernya kita cuma pengen nanya hasil regresinya , R/C rasionya udah bener apa belom eh malah diomelin, malu banget. di hapadapan temen-temen sekelas lagi huhuhu. Oiya terus juga jurnal acuan kita ga layak juga sama penelitian kita. Pokoknya hari itu kita sial banget :'(

Aku nyoba nyemangatin teman-teman (padahal aku sendiri juga lagi down), dan yaaa kita move on deh haha. Abis UAS Kita lanjut ngerjain jurnal lagi sampai pas H-1  kita baru mengetahui kalo ada beberapa bagian yang salah. Terutama bagian yang regresi kok cuma dikit yang signifikan padahal secara logika harusnya signifikan. Akhirnya setelah diskusi dan sedikit berdebat akhirnya regresi kita hapus daripada ntar salah. Ga hanya itu ada masalah lain yang muncul yaitu si Dian malah pulang dari abis UAS dan baru pulang pas hari presentasi cuma buat nganter STNK padahal kan pake pos bisaa eh katanya mamanya ga ngebolehin dipos. Yaa hal ini bikin kelompok kita rada sebel sama dia. Naa pas hari presentasi  kan kita kumpul dulu dikos karina masa dia dateng-dateng cemberut? kan harusnya yang marah kitaa bukan dia. Sungguh aneh tapi nyata.

Yang bikin presentasi si Yonathan keren loh pake prezi hehe. Kali ini yang judge presentasi adalah bu Mayang dan mbak Iiin karena prof indah sedang ke Medan. sistem presentasinya tu per kelompok ada yang mewakili 2-3 orang aja biar cepet dan yang mewakili kelompok kami Aku, Heni Claudia. Claudia bagian pembukaan, metode penelitian,alat analisis. Heni Profil responden, Harga rata-rata-tenaga kerja, sustainbility usaha, sama, akses usaha. Aku kesdaran lingkungan, statistik deskriptive, R/c ratio, kesimpulan dan saran. Aku tegaaaaaang baget waktu mau presentasi. Naa pas presentasi giliran Heni mbak Iin ngasih isyarat buat langsung kesimpulan aja padahal aku belom ngomong yaudah deh langsung kesimpulan dan saran. Kita bertanya-tanya kenapa kita di-cut. Emang kita jelek banget apa ya? huhu. Setelah presentasi kan ada sesi tanya jawab, eh bu Mayang bilang kelompok laundry ga ada masalah jadi ga ada pertanyaan ehehe. Alhamdulilah ya Allah. Kita langsung pelukan dan tos.

Setelah semua kelompok maju presentasi mbak Iin mbacain nilai presentasi kelompok kami, dan Alhamdulilah banget kami dapat kelompok tertinggi, emm sebenernya da 2 kelompok yang dapat nilai tertinggi , satunya kelompok ari. Hemm tapinya ada orang yang ga rela kita dapat nilai tinggi, ya gapapa sih gentle kok langsung ngomong daripada ngomong di belakang kita. Tapi tetep ya dia juga harus introspeksi jugaa.

ini dia poto-potonyaaaa:
ngerjain di kos karina-anya-susan


sama abng laundry (aku masih di kampuus)
 Kelompok JABAT-WATAK : Monggo Kerso - Horas!!!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com