Kamis, 24 November 2011

PERSIAPAN ECHA sibuk sekali

Hola....

Udah pada tau kan ECHA? bukan...bukan anak tetangga yang ingusan dan bandel itu bukan... ECHA itu jengjengjeng.. ECONOMY CHARITY ACT . Geelaa keren banget gak tuh? Dari namanya aja pasti udah bisa nebak kan kegiatannya ngapain aja? masih belom bisa nebak juga? ah parah.

Jadi, ECHA itu ada kegiatan sosial meliputi 5 pengabdian , yaitu : pengobatan gratis, pengajaran, papanisasi, pasar murah,penyuluhan di desa jumprit, Temanggung, Jateng, Indonesia, Asia Tenggara. Mengapa 5 kegiatan ini yang dipilih? karena:

1. Pengobatan Gratis
Karena Penduduk ekonominya lemah terkadang mereka tidak memperhatikan masalah kesehatan sehingga rentan terhadap penyakit. Dalam kegiatan ini kami mendatangkan dokter, sehingga penduduk desa Jumprit dapat berobat secara gratis tis tis.

2.Pengajaran
Pendidikan merupakan ujung tombak dalam menyiapkan generasi penerus agar dapat menjadi insan yang dapat menaikkan martabat bangsa nantinya *kesurupan apasih aku?*. Jadi di sini peserta ECHA yang kebagian pengabdian mengajar, bertugas menjadi guru sehari di SD Tegalrejo 1, Tegalrejo 2, Canggal (kelas 1-6), sama SMP canggal. Aku kebagian ngajar kelas 4 di SD Tegalrejo 1 :D

3. Papanisasi
Pasti pada gatau Papanisasi ya? aku juga sebelumnya gatau. Jadi papanisasi itu kita bertugas memberi tanda arah ke suatu lokasi pake papan. Misalnya kalo mau kerumah ketua Dusun kan lebih mudah kalo ada papan penunjuknya ya kan? Nah di desa Jumprit ini masih kurang tuh papan penunjuknya jadi warga atau bahkan pendatang kesusahan kalo mau ke suatu tempat apalagi  desa jumprit ini tempat wisata. Oiya ini pengabdian khusus cowo,cewe gaboleh padahal kayaknya seru, ada yel-yelnya juga haha.

4. Pasar Murah
Daya beli di di desa jumprit kan ehm, rendah ya.. karena (lagi-lagi) masalah ekonomi. Bahkan beras aja adalah sesuatu yang mewah bagi mereka. Makanan pokok disini itu nasi jagung, ya karena jagung lebih murah dan itu yang sanggup mereka beli. Di sini kita menyediakan sembako yang terdiri dari beras,minyak, teh terus dijual dengan harga yang murah banget. Oiya selain sembako ada baju pantes pake, jadi kaya semacam awul-awul gitu hehe. Rame banget loh katanya, ibu-ibu pada heboh shopping wkwkwk.

5.Penyuluhan
Mayoritas penduduk disini pekerjaannya jadi buruh tani, nah tugas peserta ECHA yang dapet tugas ini tuh jadi fasilitator penyuluhan. Kita ndatengin dosen yang ahli pertanian untuk menjadi pembicara dalam acara penyuluhan ini.

Okee itu sekilas tentang ECHA, sekarang aku mau cerita persiapannya.

Tiap jam 5- jam 9 , dari hari Senin-Rabu Kumpul terus mbahas ECHA. Yang masalah kelompoklah, masalah Pengabdianlah, hohoho.

Persiapan Kelompok
Daftar kelompok ECHA udah dipasang di mading sejak hari Sabtu  para peserta dibagi jadi 20 kelompok dan aku anggota kelompok 12. Kyaa aku cuma kenal Stevanus sama Hasna. Eh si Stev malah gajadi ikut. zzzz. Korkelnya mas Yusuf Bachtiar a.k.a mas ucup a.k.a orang gila sama mas Norman Camaru. Kita mbahas peralatan kelompok, yel-yel,bendera kelompok, siapa yang mau jadi tim pendahulu sama nama kelompok. Untuk peralatan kelompok semisal sembako, lampu badai, pasak, tali pramuka, tongkat bambu , kita beli uangnya iuran dan yang belanja adalah... adhit. Keren ga kelompokku? yang belanja cowo! ini adalah emansisapi pria! hidup be a man *loh*. Oiya aku seneng deh jadi anggota kelompok ini . Kenapa? Sebagai warga Semarang asli aku ga disuruh bawa peralatan kelompok samasekali. Haha.. mukaku melas kali ya. Yang bawa pacul mas Norman (orang semarang dan alste juga), terus yang bawa tikar Despa (bukan orang semarang). Useless bgt ya aku? haha bodo amat wekk. :p

Nama kelompok kan harus pahlawan, pertamanya kita ngusulin beberapa nama terus di voting. Awalnya sih yang kepilih pattimura tapi ternyata udah dipake sama kelompok laen. Akhirnya kita cari nama pahlawan laen, dan mas ucup punya ide kalo nama kelompok kita ELANG. plis, disuruh nama pahlawan kok malah hewan? eits elang sapa dulu? Orang ini Elang Mulya Lesmana, pahlawan reformasi di tragedi Trisakti. Yaudah kayaknya keren kita setuju.

Yel-yelnya diserahin ke aku (kesalahan fatal), kalo bendera diserahin ke Hasna karena pinter gambar. Terus yang jadi tim pendahulu (yang masang tenda) si Akbar sama si Adhit. Mereka berangkat hari Kamis.

Oiya tiap abis selesai rapat kita tos dan say " ELANG..... TERBANG!!!!" yah alay memang. Seru yah wkwkwk, kita sendiri lo yang kaya gitu. Hari Rabu malem abis rapat mas ucup ngajakin makan bareng, sama anak2 elang. Tapi aku ga ikut karena aku mau ngembaliin carrier,sleeping bag, sama matras punya mas roma. hoho.

Persiapan Pengabdian
Tiap anak di masing-masing kelompok disuruh milih mau mengabdi yang mana. Tapi harus rata . Aku milih pengajaran. Dan Pas kumpul kita disuruh milih lagi mau ngajar kelas berapa. Aku milih kelas 4, materinya matematika sama bahasa Inggris. ah kecil *sombong*. Terus dibagi tempat di SD mana, aku kebagian di SD Tegalrejo 1. hwehehe. Kita yang kebagian ngajar kelas 4 diskusi cara ngajarnya gimana biar aseekk. Udah si gitu doang.

Okee.. nanti dilanjut ya kegiatan ECHA yang sesungguhnya. see you ;)


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com - Header made with PS brushes by gvalkyrie.deviantart.com